Sekilas Sejarah SMA Negeri Jatinangor

SMA Negeri Jatinangor merupakan sebuah sekolah jenjang menengah atas yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor. Lokasinya berada di kawasan pendidikan Jatinangor bagian timur. Sebelum menjadi SMA Negeri Jatinangor, pada awalnya bernama SMA Negeri 1 Cikeruh sesuai dengan nama kecamatan pada waktu.

Sekolah ini mulai berdiri pada tanggal 5 Agustus 1992 dengan menggunakan biaya dari APBN DIP Nomor 477/XXIII/3/SUPL/1992 tanggal 14 Maret 1992. Dan pengembangan gedung sekolah selesai semuanya pada tanggal 31 Januari 1993. Kemudian mulai digunakan sebagai lokasi belajar mengajar pada tanggal 16 Pebruari 1993 dengan jumlah siswa Kelas I sebanyak 2 kelas yang merupakan limpahan dari SMA Negeri 1 Tanjungsari. Pada waktu itu pengelolaannya masih berada di bawah bimbingan SMA Negeri 1 Tanjungsari dengan pejabat Kepala Sekolah Bapak Emat Samju, BA.

Pada tahun 1994 keluar Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0260/0/1994 tentang Pembukaan dan Penegerian SMA Negeri 1 Cikeruh. Pembukaan dan penegeriannya sendiri dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat, Drs. H.S Yusupadi pada tanggal 5 Oktober 1994. Pada waktu itu, sarana yang sudah ada di SMA Negeri 1 Cikeruh meliputi enam Ruang Kelas, satu Ruang Kepala Sekolah, satu Ruang Tata Usaha, satu Ruang Guru, satu Ruang WC Guru, satu Ruang WC Kepala Sekolah dan satu Ruang WC Siswa.

Pada tahu 2000, ketika SMA Negeri 1 Cikeruh dipimpin oleh kepala sekolah Enung S. Suryana, S.Pd., M.Ed. nama sekolah ini mengalami perubahan. Perubahan ini berkaitan dengan perubahan nama kecamatan dari Kecamatan Cikeruh menjadi Kecamatan Jatinangor. Sehingga nama sekolah ini berganti menjadi SMA Negeri Jatinangor sampai sekarang.

Pada tahun 2013 SMA Negeri Jatinangor ini mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) dengan predikat A. Raihan akreditasi ini berdasarkan pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah dengan Nomor 02.00/345/BAP-SM/XII/2013 tertanggal 21 Desember 2013.

Saat ini SMA Negeri Jatinangor memiliki fasilitas atau sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Sarana dan prasarana yang tersedia seperti Ruang Kelas, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer. Ditambah juga dengan Ruang Perpustakaan, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Ruang OSIS, Ruang Koperasi, dan Ruang BP/BK. Ditunjang dengan fasilitas tambahan seperti tempat parkir kendaraan, lapangan, toilet (WC), dan mushola.

Sebagaimana sekolah jenjang menengah atas lainnya, di SMA Negeri Jatinangor juga tersedia tiga jurusan yang bisa diikuti oleh siswanya. Jurusan yang tersedia adalah jurusan Ilmu Pendidikan Alam (IPA), Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) dan jurusan Bahasa.

NEWS UPDATE

Read Latest News

  • September 24, 2020
  • smanjat.web

University class starting soon while the lovely valley team work

We denounce with righteous indige nation and dislike men who are so beguiled and demo realized by the charms of pleasure of the moment, so blinded by desire,...

  • September 14, 2020
  • smanjat.web

High school program starting soon 2021 for covid-19 situation

We denounce with righteous indige nation and dislike men who are so beguiled and...

  • September 14, 2020
  • smanjat.web

Majority of students dissatisfied for world coronavirus support

We denounce with righteous indige nation and dislike men who are so beguiled and...

  • August 28, 2020
  • smanjat.web

Combating discrimination against most international students

We denounce with righteous indige nation and dislike men who are so beguiled and...